Apa Itu Squalene?

squalene

Squalene adalah senyawa hidrokarbon yang mempunyai aplikasi didalam pembuatan kosmetik dan biosintesa kolesterol. Squalene kini menjadi salah satu bahan mahal untuk pembuatan kosmetik dan pelembap, serta kerap dijual dalam bentuk pil sebagai suplemen dan mampu mengobati berbagai penyakit. Squalene dapat diproduksi oleh tubuh manusia, hanya jumlahnya sangat sedikit dan produksi squalene akan semakin berkurang jumlahnya seiring dengan bertambahnya usia dan kondisi kesehatan yang tidak selalu sehat, sehingga manusia perlu tambahan dari luar atau dari makanan. Sebenarnya senyawa Squalene mudah ditemukan karena senyawa ini dihasilkan oleh semua makhluk hidup hanya kadarnya relatif sedikit.

Squalene adalah zat organik berupa cairan encer seperti minyak, akan tetapi ia bukan minyak karena tidak mengandung asam lemak atau gugusan COOH, berwarna semu kuning atau putih bening berbau khas. Keistimewaan dari skualen adalah daya uapnya yang rendah, titik bekunya di bawah -45ºC dan tetap bening pada suhu 20ºC serta mudah menangkap dan melepaskan oksigen.

Tanaman nyamplung mengandung dengan kadar 1,71 %. Minyak zaitun mengandung sekitar 0,7% squalene. Squalene didistribusikan ke seluruh tubuh, namun mayoritas di kulit. Konsentrasi squalene yang tinggi dapat menghambat paparan tinggi sinar ultraviolet. Minyak hati ikan hiu diperoleh dari hasil ekstraksi hati ikan hiu dengan kandungan squalene sangat tinggi (80-85%) sehingga sering disebut dengan minyak squalene dan mempunyai bau spesifik ikan (sangat amis) serta betwarna kuning kemerahan sehingga kurang disukai oleh konsumen.

Squalene adalah senyawa hidrokarbon yang berasal dari hasil ekstraksi minyak hati ikan hiu jenis Squalidae bermanfaat bagi industri yaitu sebagai bahan kosmetik dan bagi kesebatan adalah sebagai suplai oksigen, mendorong sistem kekebalan tubuh dan scbagai makanan kesehatan. lkan hiu pada umumnya ditemukan di perairan dalam yang berkoral karang dengan kedalaman bervariasi (600-1.500 m) tergantung jenisnya. Di Indonesia ikan hiu ditemukan hampir di semua wilayah perairan. Semua bagian tubuh ikan hiu dapat dimanfaatkan, mulai dari daging, kulit, tulang, isi perut, sirip dan hatinya. Hati ikan hiu mengandung minyak yang kaya vitamin A dan D sehingga min yak hati ikan hiu sering disebut dengan minyak squalene.

Parameter mutu squalene dari minyak ikan yang diberlakukan di Jepang adalah sebagai berikut :

1. Warna : Tidak berwarna atau kuning muda
2. Bau : Sedikit berbau ikan dan tidak tengik
3. Titik didih : 235-237ºC pada 0,55 mmHg atau 240-242ºC pada mmHg
4. Berat Jenis : 0,858-0,860 pada 20ºC
5. Indeks bias : 1,495-1,498 pada 20ºC
6. Bilangan lodine : 360-370
7. Viskositas : 12 cP pada 20ºC

Polimer squalene dapat digunakan sebagai salah satu bahan dasar minyak pelumas. Skualen dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam industri kosmetika dan obat-obatan untuk perawatan kulit. Untuk kosmetika digunakan dalam krim terutama krim nutrisi dan krim medis, dan juga pada kosmetika jenis lainnya termasuk milky lotion, face lotion, lipstick, foundation dan powder. Di samping itu digunakan pula untuk perlengkapan toilet seperti pada sabun toilet, toilet paper, medical bathing products, shampoo serta pembilasnya.

Di bidang pengobatan, squalene diaplikasikan dalam bentuk salep (ointments) dan suppositories karena mudah diabsorbsi ke dalam kulit. Kegunaan lain dari skualen yaitu untuk bahan cat. Skualen juga berguna dalam industri tekstil yaitu untuk memberikan warna kilap pada sutera alam atau sutera. Skualen dapat digunakan pada pembuatan bakterisida, zat pewarna, zat pewangi dan sebagai surface active agents. Skualen berperan sebagai antioksidan dan agensia anti kanker selain itu juga dapat dipergunakan untuk detoksifikasi. Selain sebagian besar skualen terdapat pada ikan hiu ternyata juga dapat ditemukan pada bahan nabati seperti minyak zaitun, sawit, bayam merah dan bekatul.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Manfaat Squalene Untuk Imunitas

– Minyak Ikan Hiu Obat Jantung Koroner

– Minyak Ikan Hiu Nutrisi Alami Merawat Wajah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE
Sabun Fruitamin
Sponsored : batu andesit