Gejala Penyakit Jantung

Gejala penyakit jantung

Gejala penyakit jantung

SEBERAPA PAHAMKAH ANDA TENTANG PENYAKIT JANTUNG ??

Menurut Center for Desease Control, penyakit kardiovaskular antara lain penyakit jantung dan stroke, di Amerika Serikat merupakan penyebab kematian terbesar baik bagi pria ataupun wanita.Gejala penyakit jantung yang timbul pada pria dan wanita berbeda, dan berat atau ringannya punbervariasi. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja gejala dari penyakit jantung dan bagaimana pencegahannya.

Gejala Penyakit Jantung

Berat atau ringannya gejala dari penyakit jantung koroner sangat bervariasi antara satu orang dan lainnya. Beberapa penderita mungkin malah tidak merasakan gejala apapun hingga terkena serangan. Sementara gejala pada penderita lainnya mungkin hanya berupa nyeri dada ringan. Ada lagi yang gejalanya begitu parah sampai tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari seperti sekedarjalan kaki atau memotong rumput.

Dua tanda-tanda utama penyakit jantung yang perlu diwaspadai adalah angin dudukdan sesak napas. Angin duduk dengan ciri-ciri dada terasa berat, nyeri, seperti diremas atau seperti terbakar. Sensasiini juga menjalar kelengan kiri, leher atau rahang. Kadang angin duduk sering disalah artikan sebagai gangguan pencernaan bahkan sering tak terdeteksi oleh dokter pada saat awal diagnosa. Beberapa penderita penyakit jantung mungkin juga merasakan kesulitan bernapas, baik saat mereka melakukan aktivitas fisik atau saat rileks.

Ciri-ciri tambahan Gejala Penyakit Jantung yang perlu diwaspadai:

Merasa kelelahan dalam jangka waktu yang lama.
Bengkak pada pergelangan kaki atau betis
Berdebar-debar, detak jantung cepat
Mual dan pusing tanpa sebab
Faktor Pemicu

Ada faktor penyebab penyakit jantung yang bisa dan tidak bisa dihindari. Meskipun Anda tak bisa mengubah faktor yang tak bisa dihindari, masih banyak cara untuk mengurangi peluangterkena penyakit jantung. Langkah pertama adalah dengan memahami apa saja faktor pemicunya dan apa saja yang perlu dilakukan untuk menghindarinya.

Faktor Pemicu yang Tak Bisa Dihindari

Ada banyak faktor pemicu penyakit jantung koroner. Sayangnya beberapa tak bisa dihindari. Faktor tersebut adalah:

Keturunan. Jika banyak anggota keluarga menderita penyakit jantung, kemungkinan besar Anda juga bisa mengidapnya.
Penuaan. Resiko terkena penyakit jantung meningkat sehubungan dengan makin bertambahnya usia. Hampir empat dari lima orangyang meninggal karena penyakit jantung koroner berusia diatas 65 tahun.

Jenis Kelamin. Pria biasanya punya resiko lebih besar terkena penyakit jantung dibanding wanita dan biasanya muncul lebih cepat dibanding wanita. Namun begitu wanita memasuki masa menopause, resiko terkena penyakit jantung makin besar.
Faktor Pemicu yang Bisa Dihindari

Bahkan jika Anda mempunyai faktor yang tak bisa dihindari sekalipun, resiko terkena penyakit jantung masih bisa dikurangi dengan mengubah gaya hidup Anda.

Jika Anda perokok, berhenti merokok! Berhenti merokok berpeluang besar mengurangi resiko terkena penyakit jantung.
Makan makanan sehat yang rendah lemak jenuh, rendah sodium (garam) dan tinggi serat. Konsultasilah dengan dokter atau ahli gizi untuk mengatur menu sehat yang cocok untuk Anda.

Pertahankan berat badan ideal.
Cek tekanan darah dan tingkat kolesterol Anda tiap tahun.
Olahraga secara teratur. Konsultasi dengan dokter Anda jenis olahraga rutin apayang paling baik bagi Anda.
Jika Anda mengidap diabetes, tetaplah berobat dan minum obat secara teratur, lakukan diet dan olahraga.

Lakukan pemeriksaan medis secara rutin. Pastikan dokter Anda tau jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga.
Penyakit jantung adalah gangguan kesehatan yang serius baik bagi pria maupun wanita. Meskipun ada faktor pemicu yang tak bisa dihindari, masih banyak cara untuk mengurangi peluang terkena penyakit jantung. Dengan mengikuti gaya hidup sehat dan aktif, juga makan makanan bernutrisi dan seimbang, Anda membantu mengurangi peluang terkena penyakit jantung sekaligus meningkatkan kesehatan Anda secara umum.

Related Post

1 thought on “Gejala Penyakit Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *