KENALI Penyebab JANTUNG KORONER Sebelum Terlambat!

penyebab jantung koroner

Perlu kita ketahui, penyebab kematian nomor 1 di dunia yaitu disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan stroke. Di indonesia ada sekitar 17 juta penduduknya yang menderita penyakit jantung koroner dan 50% dari mereka adalah masyarakat produktif yang berumur antara 30 – 50 tahun.

Penyakit jantung koroner sendiri disebabkan oleh terganggunya fungsi pembuluh darah yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti radikal bebas yang terkandung dalam polusi, asap rokok, diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi dsb.

Kolesterol yang menumpuk pada pembuluh darah dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Sehingga jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah, akibatnya akan terjadinya ateroklerosis atau kondisi dimana arteri koroner akan menyempit dan menjadi keras.

Stress yang diakibatkan oleh pekerjaan membuat merokok lebih banyak, lebih banyak makan, malas berolahraga. Gaya hidup seperti itu dapat menyebabkan resiko penyakit jantung koroner dan komplikasi stroke. MENAKUTKAN BUKAN??

Gejala Pada Gangguan Jantung :

  1. Jantung yang berdebar dan juga rasa nyeri dan sakit pada dada.
  2. Jangka nafas yang pendek serta diikuti dengan sesak napas yang sering diketahui pada gejala gagal jantung.
  3. Mudah Lelah. Bukan kelelahan biasa seperti setelah beraktivitas, tapi rasa lelah yang terus menerus dan terasa amat berat. Biasanya dirasakan pada wanita. Ini tanda jantung tidak sehat.
  4. Mual dan tidak nafsu makan. Saat terjadi serangan jantung, beberapa orang mengalami mual hingga muntah. Pada gagal jantung, rongga perut terasa penuh sehingga nafsu makan bisa menurun.
  5. Lengan yang tiba – tiba sakit. Lengan yang sering terkena gejalanya ialah sebelah kiri, namun juga bisa keduanya.
  6. Rasa sakit di bagian punggung atas yang muncul.
  7. Pusing. Anda sering merasa pusing? Bisa jadi itu adalah gejala jantung. Pusing bahkan hingga pingsan merupakan salah satu gejala aritmia atau gangguan irama jantung.

Penyebab Jantung Koroner :

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penumpukan plak di arteri ke jantung Anda. Ini juga dapat disebut pengerasan arteri. Bahan lemak dan zat-zat lainnya membentuk plak membangun di dinding arteri koroner Anda. Arteri koroner membawa darah dan oksigen ke jantung Anda. Penumpukan ini juga menyebabkan pembuluh darah untuk mendapatkan sempit. Akibatnya, aliran darah ke jantung dapat memperlambat atau menghentikan.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Gejala penyakit jantung dan Penyebab jantung koroner.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Ini, Silahkan Anda Share Jika Merasa Bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE
Sabun Fruitamin
Sponsored : batu andesit