Manfaat Buah Kiwi Bagi Penderita Diabetes

Manfaat Buah Kiwi Bagi Penderita Diabetes – Diabetes adalah penyakit metabolik yang saat ini sedang naik daun. Menurut data tahun 2004 WHO, diabetes telah menyebabkan kematian 3, 4 Juta di dunia. Sementara dari data tahun 2014 WHO, di Indonesia diabetes melitus dan komplikasi menempati peringkat ke 3, penyakit yang paling paling sering menyebabakan kematian.

Seorang penderita diabetes memiliki kadar gula dalam tubuh yang tinggi yang terkadang gejala diabetes jarang disadari oleh penderitanya. Kadar gula tinggi pada tubuh disebabkan pankreas tidak menghasilkan cukup insulin untuk membantu menyerap glukosa untuk diproses menjadi energi .

Buah kiwi dan diabetes

Dalam ukuran rata-rata, Kiwi mengandung sekitar 60 kalori, 15 gram karbohidrat, 3-5 gram serat dan hampir dua kali kebutuhan harian vitamin C. Dari fakta tersebut, buah kiwi baik untuk dimasukkan dalam rencana diet Anda, terlepas apakah anda menderita diabetes atau tidak. Buah kiwi dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diabetes baik tipe 1 dan 2 dalam jumlah terbatas.

Manfaat buah kiwi untuk penderita diabetes.

  • Buah kiwi memiliki indeks glikemik rendah hanya 53. Selain itu kandungan serat dan fruktosa  pada buah ini, membuatnya tidak mengakibatkan kadar gula darah melonjak.
  • Kandungan Inositol pada buah kiwi bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Inositol juga bermanfaat meningkatkan sensitivitas insulin yang diperlukan untuk penyerapan glukosa lebih tinggi sehingga mengurangi kadar gula dalam aliran darah.
  • Buah kiwi rendah lemak sehingga membantu mengontrol berat badan.
  • Kiwi mengandung fitonutrien cukup tinggi yang mampu melindungi DNA dari kerusakan oksigen. Meski hasil penelitian belum yakin mengenai senyawa yang spesifik memberikan kapasitas antioksidan pelindung, namun diyakini dengan bantuan varietas flavonoid dan karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan, fitonutrien pada buah kiwi memberikan perlindungan DNA.
  • Kandungan vitamin C dan A dapat meningkatkan proses penyembuhan lebih cepat dan penglihatan  bagi penderita diabetes.
  • Disamping itu juga membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular karena mengurangi risiko bekuan darah dan mengurangi lemak.
  • Kandungan polifenol, dan kalium, yang bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah dan jantung  bagi penderita diabetes.
  • Buah kiwi sebagai sumber vitamin K sangat diperlukan untuk proses pembekuan darah, selain itu juga kaya vitamin E dan B6.
  • Mengandung actinidin, enzim yang membantu mencerna protein dan meningkatkan fungsi pencernaan.

Kiwi dianggap sebagai makanan super karena semua manfaat di atas, dan selain dimakan langsung buah kiwi juga cocok sebagai tambahan ke dalam salad, sereal, yoghurt dan banyak lagi. Dari sekian banyaknya manfaat kesehatan yang ditawarkan buah kiwi, ternyata buah kiwi juga termasuk buah yang baik dikonsumsi setelah operasi caesar.

Baca Juga :

Official Web : www.minyakhiu.com

“Terima kasih telah membaca artikel ini, mohon maaf bila ada kekurangan, silahkan share artikel ini jika bermanfaat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *