Membandingkan Kandungan & Manfaat Minyak Ikan Salmon, Hiu, Cod

Membandingkan Kandungan & Manfaat Minyak Ikan Salmon, Hiu & Cod

perbandingan kandungan Minyak Ikan

perbandingan kandungan Manfaat Minyak Ikan Salmon, Cod, Hiu

Perbandingan Kandungan Nutrisi Minyak Ikan.

Dengan banyaknya informasi terkait minyak ikan yang muncul di media masa. Tentu sebagian masyarakat ingin mengetahui, membandingkan manfaat minyak ikan Salmon, Hiu & Cod. Karena ketiga jenis ikan ini adalah yang paling banyak dijadikan produk untuk kesehatan.

Masing-masing minyak ikan ini tentu saja memiliki kelebihan masing-masing. Penggunaan ketiga minyak ikan diatas tentu saja sesuai kebutuhan konsumen.

Minyak ikan yang baik tentu saja mengandung senyawa yang kompleks. Diantara senyawa yang ada dari rantai asam lemak tak jenuh diantaranya adalah omega 3, Omega6, Squalene,Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E, EPA, DHA.

Masing-masing minyak ikan memiliki kandungan yang berbeda. Semisal minyak ikan salmon lebih menonjol kandungan Omega3 nya. Minyak ikan hiu laut dalam / Hiu Botol  lebih menonjol Squalenenya meskipun juga di dalam minyak ikan hiu terkandung Omega 3 juga. Minyak ikan Cod juga mengandung omega 3, vitamin A dan E.

BACA : Apakah Minyak Ikan Cod Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?

Dari informasi diatas ada baiknya bila kita membandingkan kandungan masing-masing ikan dengan tabel dibawah ini:

Perbandingan kandungan Minyak Ikan hiu cod

Perbandingan kandungan Manfaat Minyak Ikan hiu, ikan salmon & Ikan cod

Dari tabel diatas kita dapat melihat perbandingan kandungan dari ketiga ikan tersebut. Masing-masing memiliki kelebihan pada bebera senyawa yang ada.

Minyak salmon kandungannya tinggi pada omega 3. Minyak Cod kandungan tertingginya pada Vitamin E dan Vitamin A. Dan Minyak ikan hiu tertinggi pada kandungan Squalene, Vitamin A, VItamin E dan EPA+DHA.

Uji laboratorium sangat bergantung pada banyak hal. termasuk diantaranya pada asal perairan kan tersebut, jenis subspesies ikan dll. Semisal pada uji lab minyak Ikan Hiu Botol indonesia di Universitas Gadjah Mada Justru menunjukan kandungan omega 3 ikan hiu botol lebih tinggi dari salmon yaitu 9% (lihat uji labnya)

Perbandingan Manfaat Minyak Ikan

Secara umum bisa disebutkan bahwa manfaat minyak ikan sangatlah baik buat tubuh. ketiga jenis minyak ikan diatas memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi.

Manfaat Minyak Ikan yang Mengandung Omega 3

Secara umum bisa kita sebutkan Omega 3 sangat baik untuk mencegah serangan jantung. Hal ini dikarenakan Omega 3 meningkatkan elastisitas arterial. Menurunkan resiko aritmia (detak jantung yang abnormal) dan juga tekanan darah tinggi. Manfaat Omega 3 untuk otak sangat banyak. Omega 3 adalah makanan bagi otak kita karena berperan penting untuk perkembangan membran sel pada sistem neurologis dari otak dan jalur sinyal. Omega 3 menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Sebuah Penelitian mengatakan mengkonsumsi ikan yang kaya akan Omega 3 secara teratur terbukti meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar lemak jenuh dalam darah.

Manfaat Minyak Ikan yang Mengandung Squalene

Squalene fungsi dasarnya adalah mengikat oksigen dalam darah 3 kali lebih banyak. fungsi basis ini merupakan basic dasar dari pengobatan. Karena oksigen adalah sangat vital dalam proses metabolisme tubuh dan mencegah oksidasi (anti oksidant). Banyak sekali serangan jantung atau stroke yang di akibatkan karena kurang asupan oksigen ke jantung ataupun ke otak. Squalene juga mampu meningkatkan kemampuan hati dalam menyaring darah. Pada penelitian awal ditemukan juga squalene sebagai anti kanker. Penelititan squalene sebagai anti kanker sudah banyak dituliskan oleh para ahli dunia. Sifatnya yag sulit beku (beku pada -50 Drajat Celcius) juga memungkinkan squalene melarutkan lemak yang menyumbat pada pembuluh-pembuluh darah fital di tubuh manusia. Maka tidak heran bila squalene dianggap senyawa ajaib/ SAMEDAWA/ Obat Dewa dalam tradisi pengobatan kuno.

Squalene alami yang paling banyak hanya terdapat pada hati ikan Hiu Laut Dalam atau Ikan Hiu Botol. Klik SQUAVIT 100% Minyak Hiu Botol

Manfaat Minyak Ikan yang Mengandung Vitamin

Vitamin A, E dan D adalah salah satu vitamin yang banyak terkandung dalam minyak ikan. Selain juga Vitamin B1, B12 dan sebagainya. Vitamin A sangat baik untuk perkembangan mata, otak dan imunitas. Vitamin E untuk menyegarkan kulit dan menjaga kerusakan organ dalam tubuh. Sedangkan Vitamin D untuk pertumbuhan tulang.

Manfaat Minyak Ikan yang Mengandung EPA+DHA

Fungsi EPA + DHA  juga tidak kalah penting.Mencegah penggumpalan trombosit sehingga tidak terjadi pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis)/penyumbatan darah (trombosis) dengan cara mengurangi kadar AA (Arachidonic Acid) yang membentuk Prostlagandin (PG2) dan Tromboksan (TX2) yang membantu terjadinya proses trombosis. Fungsi lainnya seperti Membersihkan pembuluh darah, Menormalkan tekanan darah, Memperbaiki fungsi pankreas dan meningkatkan kerja insulin, Membentuk sel otak (Lemak fosfor pada otak manusia terdiri dari 20 % DHA dan DHA yang mengontrol daya ingat manusia mencapai 25 %) memperlambat proses penuaan dan memperlambat proses kepikunan.

Dari keterangan diatas, taulah bahwa minyak ikan sangat bermanfaat kesehatan manusia. Sediaan minyak ikan baik dalam bentuk kapsul dan cair perlu ada di setiap keluarga. karena dengan nutrisi yang lengkap maka kita akan terhindar dari resiko sakit. Nutrisi yang baik juga mencegah kita dari resiko fatal seperti serangan jantung, kanker, ataupun stroke.

Sumber :

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Omega-3_fatty_acid
  • Uji Lab UGM minyak Ikan Hiu Indonesia
  • archimer.ifremer.fr/doc/2007/publication-3129.pdf
  • shodhganga.inflibnet.ac.in/bitstream/10603/6246/…/07_chapter%202.pdf
  • http://nutritiondata.self.com/facts/finfish-and-shellfish-products/4041/2

KLIK GAMBAR DIBAWAH

squavit

Squavit Premium Essensial Squalene Oil

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *