Minyak Ikan Untuk Menambah Nafsu Makan Anak

Menambah Nafsu Makan Anak – Minyak ikan selain mengandung Omega-3 ternyata minyak ikan juga mengandung vitamin A, D, dan juga kalsium. Oleh sebab itu, minyak ikan baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak terutama balita. Selain untuk pertumbuhan tulang dan gigi, minyak ikan juga dapat meningkatkan selera makan pada anak.

Minyak ikan mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang berfungsi untuk membantu proses tumbuh kembang otak, serta perkembangan indera penglihatan dan sistem kekebalan tubuh anak terutama pada bayi dan balita. Sedangkan bagi ibu hamil, minyak ikan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kehamilan.

menambah nafsu makan anak

menambah nafsu makan anak

Berdasarkan penelitian, ternyata minyak ikan tak sekadar bisa menambah nafsu makan, bahkan di dalamnya mengandung Omega-3, yang kita tahu, terutama DHA, kaitannya dengan kecerdasan amat menonjol. Itulah mengapa, meski sudah old fashion, minyak ikan tetap populer.

Omega-3, jelas Nurfri Afriansyah, peneliti dari bagian Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi, IPB Bogor, ada 2 unsur asam lemak esensial rantai panjang: EPA (Eico Pentanoic Acid)/asam lemak Omega-3 rantai panjang C 20 dan DHA (Doxoca Hexanoic Acid)/asam lemak omega rantai panjang C 22. Asam lemak dari Omega-3 ini disebut juga asam linoleat.

Kandungan Omega-3 yang tertinggi ditemui pada ikan laut dalam, seperti minyak dari hati ikan cod atau yang kerap disebut cod liver oil. Sementara pada ikan yang hidup di permukaan, boleh dikata kandungan Omega-3-nya kecil atau hampir tak ada.

Kandungan Omega-3 yang tinggi pada ikan laut dalam disebabkan ikan tersebut harus bertahan terhadap lingkungan sekitarnya, seperti suhu dingin dan tekanan tinggi, hingga dibutuhkan timbunan lemak yang tinggi pula. Bukan itu saja, ikan laut dalam juga mengkonsumsi phytoplankton atau tanaman yang hidup di dasar laut. Padahal, dalam phytoplankton terkandung unsur Omega-3, walau rantai pendek atau C 18.

Omega rantai pendek ini juga bisa dijumpai pada tumbuhan jagung. “Sedangkan  ikan-ikan di permukaan tak mengkonsumsi itu, kecuali mungkin ikan yang dibudidayakan dengan pemberian makanan seperti itu,” jelas Nurfri.

Baca Juga : Minyak Ikan Membuat Anak Cerdas  !!!

Dalam minyak ikan juga ada vitamin, karena minyak ikan diambil dari hati ikan. Bukankah hati adalah salah satu sumber vitamin A, D, dan juga kalsium? Itu sebab, sering dikatakan minyak ikan baik juga untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Maka dari  itu para orang tua dulu, memilih minyak ikan untuk menambah nafsu makan anak.Di dalam minyak ikan ini terdiri dari unsur yang dapat menambah nafsu makan anak. Pada dasarnya banyak para ibu  yang mengetahui untuk mengatasi solusi penambah nafsu makan ini vitamin yang menjadi dominan adalah pada vitamin B kompleks. Tetapi pada vitamin D juga terdapat unsur yang dapat menambah nafsu makan anak.

Related Post

1 tanggapan pada “Minyak Ikan Untuk Menambah Nafsu Makan Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *