Sejarah minyak ikan

Minyak Ikan

Minyak ikan berasal dari jaringan pada jenis ikan tertentu yang berminyak.Awalnya, minyak ikan diambil dari lemak ikan paus. Lalu minyak tersebut juga diambil dari ikan dan binatang laut lainnya Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA)yang merupakan prekursor untuk eicosanoids yang bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Sejarah minyak Ikan

Minyak hati ikan Cod merupakan salah satu jenis minyak ikan yang sudah digunakan selama ratusan tahun.Masyarakat miskin di Inggris bagian utara, Skotlandia, Irlandia, Eropa bagian utara, Islandia dan Newfoundland memberikan minyak hati ikan Cod untuk hewan ternak mereka.Setelah melihat bahwa minyak hati ikan Cod ini membuat hewan ternak begitu sehat, mereka akhirnya mulai mengonsumsi minyak ikan tersebut untuk diri mereka sendiri.Para nelayan menggosokkan minyak hati ikan Cod pada kulit dan sendi yang terasa nyeri.Mereka juga mengonsumsi minyak ikan untuk melawan pilek dan flu ketika berada di laut.

sejarah minyak ikan

sejarah minyak ikan

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Gangguan mata

Hal ini juga diketahui bahwa minyak ikan memiliki kemampuan untuk memperbaiki masalah penglihatan, dan membantu menghindari degenerasi makula terkait usia.

Penyakit Alzheimer

Penelitian yang dilakukan di Louisiana State University telah menunjukkan bahwa asam lemak efektif dalam pengobatan penyakit Alzheimer. Hal ini karena minyak ikan adalah salah satu sumber terbaik asam lemak esensial, termasuk EPA dan DHA, yang bisa membantu pengobatan penyakit Alzheimer.

Mengobati Radang sendi

Minyak ikan berguna dalam mengobati arthritis, rematik, gejala Raynaud dan kondisisejenis. Penggunaan minyak ikan dapat membantu dalam mengurangi dosis NSAID (non-steroid anti-inflammatory drugs). Rumah Sakit Royal Adelaide, Australia, dan University of Newcastle, Australia telah melaporkan bahwa jumlah besar minyak ikan telah menunjukkan efek positif pada pengobatan arthritis. Dalam kasus osteoarthritis, minyak ikan dapat membantu dalam mengurangi dampak enzim yang merusak tulang rawan. Namun, karena dosis minyak ikan yang dibutuhkan untuk efek yang diinginkan dalam peningkatan pasien tidak diketahui. Pusat Arthritis, Departemen of Rheumatology, John Hopkins University, menganggap asam lemak omega 3 dan termasuk minyak ikan kontroversial dalam pengobatan arthritis. Universitas ini juga memperingatkan bahwa pasien arthritis akan mendapat efek samping tertentu karena penggunaan minyak ikan. Baca lebih lanjut tentang arthritis pada halaman web dari Arthritis Foundation dan Arthritis Center.

ADHD atau ADD

Minyak ikan memiliki kemampuan untuk mengobati kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) karena konsentrasi tinggi kandungan asam lemak. Penelitian yang dilakukan di University of South Australia dan CSIRO telah menunjukkan bahwa ketika anak-anak yang menderita ADHD diberi dosis minyak ikan dan kapsul primrose selama 15 minggu, ternyata menunjukkan perbaikan perilaku yang signifikan. Karena otak terdiri dari sekitar 60 % lemak ( terutama asam lemak esensial seperti omega 3 dan omega 6), maka minyak ikan membantu untuk meningkatkan fungsi otak. Selain itu minyak ikan juga diyakini berguna untuk perkembangan normal otak, yang  membantu anak untuk bisa  berkonsentrasi dengan maksimal pada studi mereka. Baca juga: Manfaat AA, EPA dan DHA untuk pertumbuhan otak anak dan Balita

Perawatan Kulit

Minyak ikan sangat bagus untuk mengatasi kondisi kulit kering dengan cara membuatnya menjadi segar dan bersemangat. Hal ini juga berguna untuk  mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, psoriasis, gatal, kulit kemerahan, bekas jerawat, dan ruam. Dalam hal psoriasis, EPA yang terdapat dalam minyak ikan akan membatasi pertumbuhan agen pro inflamasi dengan memproduksi asam arakidonat. Minyak ikan juga dapat dioleskan untuk membantu kondisi psoriasis.

Mengatasi Masalah Jerawat

Minyak ikan adalah pengobatan yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat. EPA diketahui sebagai penghambat pembentukan androgen, yang dapat mempengaruhi pembentukan sebum di folikel rambut, yang menyebabkan jerawat.

Mengurangi berat badan pada pasien kanker

Minyak ikan berguna mengurangi berat badan pada pasien yang menderita kanker pankreas. Suplemen minyak ikan juga dapat membantu pasien yang menderita hiperlipidemia terkait kanker .

Membantu Mengobati Diabetes

Pasien diabetes tipe II rentan terhadap penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung koroner, aterosklerosis, dan stroke. Sebagaimana telah disebutkan di atas, minyak ikan bisa membantu pengobatan berbagai masalah jantung. Penelitian yang dilakukan di University of Oxford telah menunjukkan minyak ikan bermanfaat menurunkan kadar trigliserida pada pasien dengan diabetes.

Sejarah minyak Ikan

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *