Seledri Bisa Menurunkan Hipertensi

Seledri Bisa Menurunkan Hipertensi

seledri bisa menurunkan hipertensi

Seledri Bisa Menurunkan Hipertensi – Daun seledri sudah lama menjadi favorit para praktisi pengobatan tradisional untuk mengobati tekanan darah tinggi, kebanyakan dari sayuran cenderung memiliki kualitas menurunkan darh tinggi. Nilai kandungan gizi yang berlimpah pada sayuran seperti seledri, akan memberikan untungan kesehatan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol sehat, mendorong fungsi kardiovaskular, selain mengkatalisis metabolism, sehingga menstabilkan berat badan dan lenih lanjut menfasilitasi umur panjang. Oleh karena itu konsumsi diet seimbang sayuran terbukti penting dan sangan di perlukan untuk mempertahankan kesehatan jangka panjang.

Dan inilah beberapa alasan jika seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Baca Juga : Khasiat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Mata

Seledri mengandung senyawa kimia yang kurang dikenal, seperti phthalides, kumarin, dan apigenin yang memang cenderung memfasilitasi menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, menggabungkan seledri ke dalam bagian diet biasa, sebagai bagian dari, sumber nutrisi yang seimbang, memang dapat membantu menurunkan tekanan darah bagi individu yang menderita hipertensi. Berikut sifat-sifat dari senyawa kimia utama dalam seledri yang dikatakan mungkin membantu hipertensi oleh para ahli gizi:

  • Phthalide:
    Selain kalium dan bahan lainnya, seledri mengandung senyawa yang dikenal dengan phthalide, yang mengeluarkan rasa dan aroma yang unik. Phthalide diketahui bisa melemaskan otot-otot halus pada dinding pembuluh arteri, sehingga darah bisa mengalir lancar tanpa hambatan.
    Seperti disebutkan di atas, stres  mempengaruhi jantung dan tekanan darah. Hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin, umumnya menyebabkan menyempitkan pembuluh darah,  sehingga akan menghambat aliran darah. Phthladine bersifat menghambat produksi tirosin hidroksilase, enzim yang dibutuhkan untuk mencetuskan hormon stres, termasuk catacholamines.
  • Kumarin:
    Kumarin mencegah penyebaran partikel karsinogenik yang disebut dengan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dengan infiltrasi jaringan dan organ. Selain itu, kumarin yang tersedia dalam seledri bisa meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap infeksi, dengan merangsang aktivitas sel darah putih. Oleh karena itu, kumarin secara tidak langsung akan menurunkan tekanan darah secara signifikan.
  • Apigenin:
    Zat kimia alami lain yang ditemukan dalam seledri adalah apa yang dikenal dengan apigenin, yaitu senyawa bioflavonoid yang banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau. Apigenin melayani beberapa tujuan, yaitu sebagai anti-inflamasi, anti-iritasi, anti-oksidan, anti kanker, dan antiseptik. Fungsi apigenin secara analog setara dengan phthalides, yang juga mempromosikan pelebaran pembuluh darah, sehingga mencegah hipertensi.

Sekian informasi tentang manfaat daun selederi, mohon maaf bila ada kekurangan dan semoga bermanfaat, Terimakasih.

Official web: www.minyakhiu.com

Baca Juga : Minyak Ikan Dapat Menurunkan Berat Badan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *