Vitamin Minyak Ikan Bisa Atasi Depresi Secara Efektif

Vitamin Minyak Ikan – Minyak ikan adalah sumber makanan yang mengandung dua asam lemak omega – 3 yaitu EPA ( Asam Eicosapentaenoic) dan DHA ( Asam Docosahexaenoic). Omega – 3  ditemukan pada daging sapi, telur, dan unggas, tetapi omega – 3 paling banyak ditemukan di dalam ikan berminyak dan juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Tubuh membutuhkan jumlah yang cukup baik dari EPA dan DHA untuk menjaga kesehatan agar tetap optimal. Oleh karena itu, saya sarankan untuk konsumsi ikan yang berminyak,  ikan laut dalam, ikan air dingin dua sampai tiga per minggu. vitamin minyak ikan

Selama lebih dari 10 tahun, para peneliti telah mempelajari efek omega – 3 untuk mengobati depresi, serta kondisi mental dan perilaku lainnya. Meskipun penelitian ini cukup baru, namun sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa omega – 3 dapat membantu dalam mengobati penyakit depresi.

vitamin minyak ikan

Minyak Ikan

Ada dua jenis omega – 3 yang ditemukan dalam minyak ikan yaitu DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid).  Anda bisa mengonsumsi minyak ikan dalam bentuk suplemen.

Minyak ikan dalam beberapa kasus dapat mencegah dan menjaga kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, arthritis, dan kolesterol tinggi. Kondisi lai sedang dalam penelitian apabila mengonsumsi minyak ikan, termasuk ADHD serta beberapa bentuk kanker. vitamin minyak ikan

Apa  Itu Depresi ?

Depresi adalah penyakt medis umum dan serius yang dapat mempengaruhi secara negatif melalui apa yang Anda rasakan, cara Anda berpikir dan bagaimana Anda bertindak. Untungnya, depresi bisa diobati. Depresi menyebabkan perasaan sedih atau kehilangan minat dalam melakukan suatu kegiatan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik serta dapat menurunkan mood seseorang di tempat kerja maupun di rumah.

Gejala depresi bervariasi mulai dari yang ringan hingga yang berat, gejala ini meliputi :

  1. Merasa sedih atau memiliki suasana hati yang tertekan.
  2. Kehilangan minat atau kesenangan dalam kegiatan yang diminati.
  3. Perubahan nafsu makan.
  4. Mengalami Kesulitan tidur atau melakukan banyak tidur.
  5. Hilangnya energi atau mengalami kelelahan.
  6. Melakukan aktivitas fisik yang tidak adanya tujuan, misalnya meremas – remas tangan, mondar – mandir, memperlambat gerakan, dan memperlambat dalam hal berpidato.
  7. Merasa tidak berharga atau sering merasa bersalah.
  8. Kesulitan dalam berpikir, berkonsentrasi, atau mengambil keputusan.
  9. Memikirkan tentang kematian atau bunuh diri.

Gejala ini harus berlangsung setidaknya dua minggu untuk diagnosis depresi.

Selain diagnosis depresi, ternyata kondisi medis misalnya masalah tiroid, tumor otak, dan kekurangan vitamin memiliki gejala yang sama seperti gejala depresi sehingga penting untuk mengesampingkan penyebab medis umum.

Depresi mempengaruhi perkiraan satu dari 15 orang dewasa (6,7%) pada tahun tertentu. Satu dari enam orang (16,6%) akan mengalami depresi pada waktu tertentu dalam hidup mereka. Depresi bisa menyerang kapan saja tetapi rata – rata depresi pertama kali muncul saat remaja memasuki masa remaja akhir hingga pertengahan 20 an. Perempuan lebih cenderung mengalami depresi daripada laki – laki. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sepertiga perempuan akan mengalami depresi berat dalam hidup mereka. vitamin minyak ikan

vitamin minyak ikan

Faktor Resiko Untuk Depresi

Depresi dapat memengaruhi siapa pun, bahkan seseorang yang tampak hidup dalam keadaan yang relatif ideal.

Beberapa faktor yang dapat berperan dalam depresi :

  1. Biokimia, perbedaan zat kimia tertentu di otak dapat berkontribusi pada gejala depresi.
  2. Genetika, depresi bisa terjadi dalam keluarga. Misalnya, jika salah satu kembar identik mengalami depresi, yang lain kemungkinan 70 persen memiliki penyakit dalam kehidupannya.
  3. Kepribadian, orang dengan harga diri rendah yang mudah kewalahan oleh stress atau yan mudah pesimis lebih mudah mengalami depresi.
  4. Faktor lingkungan, terpapar terus – menerus terhadap kekerasan, penelantaran, pelecehan, atau kemiskinan dapat membuat sebagian orang lebih rentan terhadap depresi.

Bagaimana Depresi Diobati ?

Depresi adalah salah satu gangguan mental yang paling bisa diobati. Sekitar 80% dan 90% orang yang mengalami depresi akhirnya mendapatkan respon baik terhadap pengobatan. Hampir semua pasien mendapatkan beberapa bantuan dari gejala mereka.

Sebelum diagnosis atau pengobatan, seorang ahli kesehatan harus melakukan evaluasi diagnostik menyeluruh, termasuk wawancara dan mungkin pemeriksaan fisik. Dalam beberapa kasus, tes darah mungkin dilakukan untuk memastikan gejala ini karena depresi atau karena kondisi medis seperti masalah tiroid. Evaluasi ini untuk mengidentifikasi gejala spesifik, riwayat medis, keluarga, faktor budaya dan aktor lingkungan untuk mencapai diagnosis dan merencanakan tindakan. vitamin minyak ikan

Obat, obat kimia dapat berkontribusi pada depresi individu dan dapat menjadi faktor untuk perawatan mereka. Untuk alasan ini, antidepresan mungkin diresepkan untuk membantu memodifikasi kimia pada otak seseorang. Umumnya obat antidepresan tidak memiliki efek merangsang paa orang yang tidak mengalami depresi.

Antidepresan dapat menghasilkan beberapa perbaikan dalam minggu pertama atau dua selama penggunaan. Penggunaan antidepresan mungkin tidak terlihat selama dua hingga tiga bulan. Jika seorang pasien merasa sedikit atau tidak ada peningkatan setelah beberapa minggu, psikiater dapat mengubah dosis obat atau menambahkan atau mengganti antidepresan lain. Dalam beberapa situasi, obat psikotropika lain dapat membantu selain menggunakan obat psikotropika, penggunaan obat alami seperti suplemen minyak ikan bisa meringankan sakit depresi. Hal yang penting untuk memberi tahu dokter Anda jika obat tidak berfungsi atau jika Anda mengalami efek samping.

Psikoterapi, psikoreapi atau “terapi bicara” kadang – kadang digunakan untuk pengobatan depresi ringan, untuk depresi sedang sampai berat. Psikoterapi sering menggunakannya bersama obat antidepresan. Cognitive Behavioral Therapy (CBT) menjadi salah satu penanganan depresi yang efektif. CBT membantu seseorang untuk mengenali pemikiran yang terdistorsi dan kemudian mengubah perilaku dan berfikir. vitamin minyak ikan

Electroconvulsive Therapy ( ECT) adalah perawatan medis yang paling umum digunakan pasien dengan depresi berat atau gangguan bipolar yang belum merespon perawatan lain. Seorang pasien biasanya menerima ECT dua hingga tiga kali seminggu untuk total enam hingga dua belas perawatan. ECT telah digunakan sejak tahun 1940 – an dan bertahun – tahun penelitian telah mengarah pada perbaikan besar. Biasanya dikelola oleh tim profesional medis terlatih termasuk psikiater, ahli anestesi dan asisten perawat atau dokter.

Penelitian tentang omega – 3 dan depresi

Otak Anda membutuhkan jenis asam lemak yang mengandung omega – 3 untuk meningkatkan fungsi otak. Diyakini oleh beberapa orang bahwa mereka yang mengalami depresi mungkin tidak cukup mengonsumsi EPA dan DHA. Hal ini digunakan oleh para peneliti untuk mempelajari manfaat dari omega – 3 di dalam kandungan minyak ikan untuk mengobati depresi.

Pada tahun 2009, para  peneliti mengkaji data dari tiga penelitian yang menggunakan EPA dalam pengobatan tiga jenis depresi yang berbeda, misalnya depresi berat yang biasanya dialami oleh orang dewasa, depresi berat pada anak – anak, dan depresi bipolar. Sebagian besar  beberapa orang yang mengonsumsi EPA dengan kondisi depresi yang berbeda menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo ( obat kosong).

Pada tahun 2004, tentang kandungan omega – 3 di dalam minyak ikan dan depresi menunjukkan bahwa DHA juga dapat menjadi peran yang penting sama dengan EPA dalam pengobatan berbagai jenis depresi. Mereka yang menderita depresi ringan, depresi pasca melahirkan, dan ide bunuh diri memiliki tingkat EPA dan DHA yang sangat rendah. Studi – studi ini menunjukkan bahwa kombinasi EPA dan DHA yang ditemukan dalam minyak ikan dapat meringankan gejala depresi sebagian besar peserta yang diuji.

Secara keseluruhan, penelitian yang dilakukan dalam penggunaan minyak ikan dan omega – 3 dalam perawatan dan mengatur depresi. Namun, sebagian besar penelitian mengakui perlunya penelitian yang lebih detail dan penelitian lanjutan tentang masalah ini.

BACA JUGA : Minyak Ikan TERNYATA Bisa Menurunkan Berat Badan

Dosis Omega – 3 Dalam Minyak Ikan

Minyak ikan dapat melawan depresi karena mengandung kadar tinggi asam lemak omega – 3 yang bermanfaat, yang penting bagi kesehatan otak kita. Namun, pernyataan ini menimbulkan pertanyaan: “Berapa banyak dosis minyak ikan yang dikonsumsi untuk penderita depresi ?”. Sebuah studi oleh Joseph Hibbeln menyimpulkan bahwa orang Amerika harus mengonsumsi 3,5 gram EPA dan DHA setiap hari untuk mengurangi resiko stroke, penyakit jantung, depresi, dan diabetes.

EPA dan DHA adalah asam lemak omega – 3 rantai panjang yang ditemukan dalam minyak ikan. Andrew Stoll, Ph.D., peneliti Harvard tentang Omega – 3 dan depresi merekomendasikan 4 gram EPA per hari untuk mereka yang mengalami depresi. Saran dari 4 gram minyak ikan EPA untuk depresi setiap hari cukup sedikit tetapi penting untuk mengisi kembali apa yang telah hilang dalam menu diet kita. Umumnya, praktisi merekomendasikan 2 – 4 gram EPA sehari. vitamin minyak ikan

Risiko dan Komplikasi Vitamin Minyak Ikan

Anda tidak boleh mengonsumsi suplemen minyak ikan terlalu banyak daripada apa yang sudah disarankan oleh dokter Anda, karena dapat membahayakan kesehatan Anda. Terlalu mengonsumsi banyak asam lemak omega – 3 di dalam suplemen minyak ikan ternyata memiliki efek negatif terhadap kesehatan Anda. Berikut beberapa efek negatif terlalu banyak mengonsumsi asam lemak omega – 3 diantaranya :

  1. Peningkatan kolesterol LDL
  2. Kesulitan mengontrol kadar gula darah
  3. Risiko pendarahan lebih tinggi

Anak – anak dan wanita hamil mungkin beresiko dari merkuri di beberapa jenis ikan dan tidak boleh mengambil minyak ikan atau makan beberapa jenis ikan tertentu tanpa terlebih dahulu konsultasi dengan dokter Anda. Ketika mengonsumsi ikan tertentu, ada resiko keracunan merkuri yang lebih tinggi. Jenis ikan yang diperkirakan mengandung merkuri oleh beberapa peneliti yaitu :

  1. Tuna albacore
  2. Ikan kembung
  3. Ikan todak
  4. Tilefish

Jika Anda alergi terhadap kerang, Anda perlu konsultasikan pada dokter Anda sebelum Anda mengonsumsi suplemen minyak ikan. Belum ada penelitian yang cukup untuk menentukan apakah suplemen minyak ikan akan mempengaruhi alergi Anda atau tidak.

Kesimpulan :

Secara keseluruhan, penelitian yang telah dilakukan hingga saat ini telah menunjukkan manfaat dengan mengonsumsi omega – 3 yang terkandung di dalam suplemen minyak ikan. Suplemen minyak ikan ternyata terbukti mampu mengobati berbagai gangguan depresi dan beberapa penyakit yang lainnya. vitamin minyak ikan

Meskipun masih ada lebih banyak penelitian yang perlu dilakukan di bidang ini, hasil awal sudah terlihat positif. Meskipun ada beberapa efek samping untuk mendapatkan jumlah suplemen minyak ikan yang direkomendasikan ke dalam menu makanan Anda, hal itu harus Anda konsultasikan dengan dokter Anda.

PRODUK REKOMENDASI SUPLEMEN MINYAK IKAN TERBAIK DAN SUDAH TERBUKTI KHASIATNYA!!!

Squavit Baru Softgel

Squavit Baru Softgel

SQUAVIT adalah 100% Minyak Hati Ikan Hiu Botol berasal dari laut dalam samudera kaya akan squalene & Omega 3. Kandungan omega 3 mencapai 9 % dan squalene 70%. Di lengkapi dengan kandungan senyawa essential lain seperti Vitamin A, D, E , Omega 6 EPA dan DHA.

Official Web: www.minyakhiu.com

Konsultasi Dan Pemesanan (Call / SMS / WA / BBM):

  • CS Anin : 085.729.146.610 / BBM 5D75A189
  • CS Ardhi: 081.227.277.762 / PIN BB: 5B06BA34

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *